Senin, 25 April 2011

Bahasa Indonesia Tugas 1

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Inovasi di dalam bidang teknologi dan komunikasi berkembang dengan cepat dan selaras dengan perkembangan karakteristik massyarakat modern yang memiliki mobilitas tinggi, mencari layanan yang terbaik, memenuhi segala aspek dan keamanan yang terjamin.

Jaringan komputer saat ini sangat dibutuhkan untuk menghubungkan berbagai instansi pemerintahan, kampus, dan bahkan untuk bisnis dimana banyak sekali perusahaan yang memerlukan informasi, data-data dari kantor-kantor lainnya dan dari rekan kerja, afiliasi bisnis, dan konsumen.

Sering kali terjadi permasalahan pada jaringan komputer antara lain data yang dikirimkan lambat, rusak, dicuri dan bahkan tidak sampai ke tujuan. Oleh sebab itu, jaringan komputer memerlukan sebuah router, yaitu alat yang berfungsi sebagai pengatur jalur lalu-lintas data, hak akses, dan keamanan jaringan sehingga tepat pada sasarannya. Dengan berbagai fasilitas yang dimiliki router, maka komunikasi pada jaringan komputer dapat berjalan dengan baik.

Namun, harga router tidak murah, hal ini sesuai dengan kinerja yang dihasilkan dari router itu sendiri. Hingga ditemukannya sebuah solusi yaitu Sistem Operasi keturunan linux yang dikhususkan untuk networking, yaitu MikroTik Router OS yang terbukti murah dan handal dalam melakukan kerjanya sebagai router. Sistem Operasi ini banyak digunakan di ISP (Internet Service Provider) sebagai Limit bandwidth, router pada warnet, Gateway ,dan Firewall pada kantor, hingga kafe sebagai hotspot.

1.2 Batasan Masalah

Penulis membatasi masalah yakni tentang akses control dan keamanan suatu jaringan komputer.

1.3 Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dari pembahasan penulisan ini adalah mengenalkan dasar penggunaan OS mikrotik sebagai akses control dengan menggunakan suatu firewall agar terhindar dari Virus dan dapat membagi hak akses sesuai kebutuhan yang diperlukan dalam suatu jaringan komputer .

1.4 Metode Penulisan

Dalam penulisan ini penulis menggunakan studi lapangan dan studi pustaka. Studi pustaka dengan memperoleh data dari sumber-sumber yang berkaitan dengan objek penulisan seperti dari internet dan buku referensi yang berhubungan dengan Mikrotik, studi lapangan dengan mengambil data langsung dari Pihak “Clown.Net”.

Mikrotik OS ini sudah di uji coba pada RB750 dengan spesifikasi :

Ø CPU: AR7240 300MHz (overclock up to 400MHz) CPU

Ø Memory: 32MB DDR SDRAM onboard memory

Ø Boot loader: RouterBOOT

Ø Data storage: 64MB onboard NAND memory chip

Ø Ethernet: Five 10/100 ethernet ports (with switch chip)

Ø MiniPCI: none

Ø Extras: Reset switch, Beeper

Ø Serial port: no serial port

Ø LEDs: Power, NAND activity, 5 Ethernet LEDs

Ø Power options: Power over Ethernet: 9-28V DC (except power over datalines). Power jack: 9.28V DC

Ø Dimensions: 113x89x28mm. Weight without packaging and cables: 130g

Ø Power consumption: Up to 3W

Ø Operating System: MikroTik RouterOS v3, Level4 license

Sistem operasi Mikrotik RB750 v3.29 dengan package :

Ø Routing

Ø DNS (Domain Name Server)

Ø Queue

Ø Firewall

1.5 Sistematika Penulisan

Penulisan ini terdiri dari 4 bab, yang secara garis besar isi dari masing-masing bab dapat diuraikan sebagai berikut :

Bab I Pendahuluan

Menjelaskan tentang latar belakang masalah, tujuan penulisan, metode penelitian serta sistematika penulisan dari Penulisan Ilmiah ini.

Bab II Landasan Teori

Pada bab ini menjelaskan tentang teori dasar yang mendukung penulisan ini antara lain mengenai Pengertian Router, Pengertian Jaringan Komputer, dan Pengertian MikroTik Router OS.

Bab III Pembahasan dan Implementasi

Pada bab ini pembahasan mengenai gambaran umum konfigurasi Mikrotik sebagai akses control, keamanan dengan menggunakan suatu firewall dalam jaringan komputer.

Bab IV Penutup

Pada bab ini berisi kesimpulan dan saran tentang implementasi yang telah dilakukan oleh penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar